TAHAPAN DALAM JILID HARDCOVER (JILID BAGIAN DALAM) Skip to main content

Featured

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL SMA DARI TAHUN 2011 SAMPAI DENGAN 2017

Buat adik-adik yang membutuhkan soal ujian yang saat ini tingkatnya SMA, silahkan langsung di download pada link dibawah ini. Dipersembahkan oleh MR Copier Balikpapan.

TAHAPAN DALAM JILID HARDCOVER (JILID BAGIAN DALAM)

Baru hari ini saya bisa buat postingan baru, setelah beberapa hari ini saya sibuk di dunia nyata. Sibuk menjilid lebih tepatnya. mungkin ada 100 buah buku yang harus saya jilid hardcover, jilid softcover maupun jilid lem panas dan jilid biasa.






Hari ini saya akan mencoba menjabarkan tahapan untuk membuat jilid hardcover. Sekaligus membagi sedikit ilmu yang saya miliki untuk memberikan pencerahan khususnya buat teman-teman yang ingin belajar membuat jilid hardcover, dan buat teman-teman yang hanya sekedar ingin mengetahui kesulitan yang ada di dalam membuat jilid hardcover ini.

Tahapan Menjilid

Dalam bab ini saya jabarkan tahapan dalam membuat jilid hardcover yaitu :
  • Persiapan bahan karton tebal
  • Persiapan karton putih
  • Persiapan karton warna
  • Merapikan kertas yang akan dijilid
  • Jilid bagian dalam
  • Memotong satu sisi
  • Pemasangan Karton putih
  • Pemotongan 3 sisi 
  • Pemasangan pita, headband dan penguat
  • Pengukuran
  • Membuat Punggung buku
  • Membuat kulit luar sampul depan
  • Laminating
  • Membuat Sampul depan jilid hardcover
  • Menyatukan sampul depan dan jilid bagian dalam
  • Sentuhan akhir


Peralatan

Untuk menjilid hardcover, dibutuhkan alat-alat dan bahan seperti :
  • Pisau cutter + isi
  • Penggaris
  • Styluses
  • Matras potong
  • Meja kerja
  • Komputer + Printer A3/A3+
  • Lem
  • Gunting
Inilah tahapan dan peralatan/bahan yang akan digunakan di dalam menjilid hardcover, meski hanya ada 16 tahapan, akan tetapi ada 3 tahap yang saya satukan di dalamnya.

Bagian Jilidan

Bagian jilidan adalah :
  • Jilid Bagian Dalam
  • Pelapis Bagian Luar Jilid Hardcover

JILID BAGIAN DALAM

Persiapan Karton Tebal

Disebutkan di atas, persiapan 1, 2 & 3 itu saya bagi karena untuk menjilid diatas 7 buah hardcover, untuk 1 buah jilidan, dapat anda gabung menjadi persiapan bahan karton saja. Tahapan ini dimulai dari persiapan bahan-bahan seperti karton tebal, karton putih dan karton warna. Dimulai dengan memotong karton tebal. Peralatan yang saya gunakan adalah pisau cutter beserta isinya, penggaris berbahan besi stainless steel dengan panjang 60 cm (baiknya gunakan penggaris yang panjangnya 100 cm), stayluses dan matras potong.

Untuk awalnya, tentukan tinggi serta lebar karton tebal yang akan anda potong, Karton tebal ini sendiri berukuran 65 x 77 cm dengan ketebalan 3 mm. Jika anda ingin menjilid hardcover yang ukuran A4, potonglah sesuai dengan ukuran tersebut.

Alat penanda stayluses saya gunakan untuk membuat garis pada bidang yang akan saya potong. Anda dapat menggunakan pensil atau ballpoint sebagai penanda garis potong. Buatlah 2 buah karton tebal seukuran kertas A4 jika ingin menjilid 1 buku hardcover,

Persiapan Karton Putih dan Karton Warna

Potong karton putih seukuran kertas A3 sebanyak 2 lembar, dan karton warna seukuran lebar printer A3 yang anda miliki, disini saya menggunakan printer A3+ dalam mengerjakan jilid hardcover. Untuk panjang karton warna, saya menyesuaikan dengan ketebalan  buku yang akan di jilid. 

Merapikan Kertas Yang Akan Di Jilid

Rapikan kertas jilidan, bila ada kertas dengan ukuran yang berbeda, potonglah agar terlihat seragam. Biasanya kertas lampiran yang digunakan berbeda dengan kertas ketikan. Terkadang pengguna jasa Jilid hardcover menggunakan kertas berukuran F4 untuk lampiran grafiknya.

Jilid Bagian Dalam

Untuk menjilid kertas tersebut diatas, saya menggunakan staples dengan ukuran besar untuk menyatukannya. Untuk menjilid yang tebalnya lebih dari 5 cm, saya menggunakan tehnik yang berbeda lagi. Staples tersebut saya gunakan kerena tingkat ketahanannya sangat baik dan tahan lama.

Memotong Satu Sisi

Saya merapikan sisi staples dan memotongnya sedikit dengan menggunakan mesin potong seperti pada gambar disamping. Pemotongan ini fungsinya untuk merapikan dan meratakan pada sisi tersebut, yang mana nantinya sisi ini akan merekat di lapisan bagian luar jilid hardcover.

Pasang Karton Putih dan Pemotongan Tiga Sisi


Karton putih yang kita potong seperti diatas, kita gunakan untuk melapisi sisi luar kumpulan kertas yang telah di staples dan dipotong satu sisinya tadi. Dengan menggunakan lem, Satukan keduanya seperti gambar disamping. Lalu potong ketiga sisi selebihnya yang belum dipotong untuk merapikan tampilan.



Pasang Pita, Headband dan Penguat


Pasang pita terlebih dahulu dilanjutkan dengan pemasangan headband dan beri penguat jilidan pada sisi luar lembar kertas yang telah di staples dan di potong tadi. Gunakan lem yang baik untuk merekatkan penguatnya. Penguat dapat menggunakan bahan karton putih/warna ataupun kain kasa. Dan penampakannya akan seperti gambar dibawah ini.






Demikianlah Penjabaran saya untuk Tahapan Dalam Jilid Hardcover (Jilid Bagian Dalam) ini. Untuk Tahapan Dalam Jilid Hardcover (Pelapis Bagian Luar Jilid Hardcover) akan saya berikan di postingan berikutnya. Mudahan saja cara menulis saya ini dapat dimengerti. Teramat susah buat saya untuk menjabarkan satu persatu tahapan ini. 

Wassalam

Comments

Popular Posts