PERBAIKAN JILID HARDCOVER DAN SOFTCOVER Skip to main content

Featured

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL SMA DARI TAHUN 2011 SAMPAI DENGAN 2017

Buat adik-adik yang membutuhkan soal ujian yang saat ini tingkatnya SMA, silahkan langsung di download pada link dibawah ini. Dipersembahkan oleh MR Copier Balikpapan.

PERBAIKAN JILID HARDCOVER DAN SOFTCOVER

Terkadang dalam melayani pelanggan, kami menemukan permintaan yang cukup membuat kami bingung untuk menjelaskan betapa susahnya mengaplikasikan permintaan mereka. Memang menjilid buku itu mudah, tetapi memperbaiki jilidan dan membuat tampilannya tidak lebih buruk dari sebelumnya, amatlah susah. terlebih lagi jilid hardcover. jika terjadi kesalahan seperti kurangnya lampiran yang harus dilampirkan, sehingga pemilik jilidan mengharapkan untuk diselipkan sejumlah lembaran kertas tambahan kedalam jilid hardcover / softcover tanpa harus membongkar jilidan, itu merupakan pekerjaan yang cukup rumit.



Jika jumlah lembaran yang harus ditambah tidak lebih dari 2 lembar, mungkin masih dapat di lampirkan tanpa harus membongkar jilidan hardcover / softcover. Cukup dengan sedikit lem dan keterampilan tangan, pekerjaan tersebut akan terselesaikan dengan mudah. Tetapi jika jumlah yang harus dilampirkan lebih dari 10 lembar kertas, terlebih lagi kertas yang digunakan dengan gramasi 80 gram, 10 lembar kertas tersebut bisa mencapai ketebalan lebih dari 2 milimeter. Saya harus mengakui sampai hari ini belum pernah bisa melakukannya. Seruput kopi dulu, biar enak menulisnya.



Jilid Hardcover / softcover dibuat selalu terkait dengan TEBALNYA jilidan. Semakin tebal, semakin rumit pekerjaan tersebut. Terlebih lagi tebalnya lebih dari 2 rim, kertas dengan gramasi 70 gram untuk 1 rim saja, bisa mencapai ketebalan 5 centimeter. Apalagi kertas dengan gramasi 80 gram. Karena jenis jilidan semacam ini covernya dibuat khusus mengikuti sesuai dengan ketebalan yang akan dijilid.

Alangkah baiknya, sebelum melakukan jilidan hardcover / softcover, periksalah kembali isi pekerjaan anda, meski hanya sebentar. Lebih baik sedikit terlambat dan hasil yang anda terima akan lebih baik dari pada terburu-buru dalam menjilid, tetapi anda harus membongkar, merevisi dan menjilid kembali pekerjaan anda.

Jika anda ingin membuat skripsi, laporan ataupun makalah, bukan tebalnya yang harus anda perhatikan, akan tetapi isinya yang harus diperhatikan. Untuk memberi kesan tebal dalam satu jilidan, cukup dengan diberi pembatas kertas dengan warna yang berbeda atau menggunakan kertas dengan gramasi yang lebih tebal. atau dengan kombinasi keduanya.

Terlebih lagi jika dalam skripsi, laporan ataupun makalah terdapat lampiran yang kertasnya berbeda ukuran, saran saya, cobalah untuk dibuat dalam kertas yang seragam. Jangan kombinasikan kertas ukuran A4 dengan kertas ukuran F4 atau lebih untuk dijilid. Sedapat mungkin menggunakan kertas yang ukuran seragam.

Jika lampiran yang anda lampirkan adalah hasil Photokopi dengan ukuran F4, cobalah untuk memphotokopi kembali dan minta untuk diperkecil menjadi ukuran A4 atau seragamkan dengan kertas yang akan anda gunakan. Dan ingatlah margin yang anda gunakan, karena terkadang, lampiran photokopi yang diperkecil belum tentu sesuai dengan margin yang anda gunakan, jika masih belum muat, mintalah untuk diperkecil kembali sehingga muat didalam satu kertas yang anda gunakan.

Jika dalam postingan kali ini terdapat kata-kata yang menyinggung perasaan anda, maafkanlah saya, maksud dan tujuan saya menuliskan postingan ini hanya ingin anda mendapatkan hasil terbaik dalam menjilid jenis hardcover ataupun softcover. Ya ampun, sudah tiga batang rokok saya hisap, lho kopi ku siapa yang habisi ya ???



Popular Posts