BELAJAR MEMBUAT SURAT PENAWARAN DENGAN MS EXCEL (1) Skip to main content

Featured

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL SMA DARI TAHUN 2011 SAMPAI DENGAN 2017

Buat adik-adik yang membutuhkan soal ujian yang saat ini tingkatnya SMA, silahkan langsung di download pada link dibawah ini. Dipersembahkan oleh MR Copier Balikpapan.

BELAJAR MEMBUAT SURAT PENAWARAN DENGAN MS EXCEL (1)

Dalam keseharian bila kita ingin membuat surat, selalu menggunakan Ms Word, kali ini saya memberikan sedikit pengetahuan untuk membuat surat penawaran dengan menggunakan Ms Excel ditambah dengan sedikit rumus didalamnya, yang memungkinkan anda dapat menyesuaikan nilai harga sesuai nota tanpa harus merubahnya di dalam surat yang anda ketik di Ms Excel.

Postingan kali ini saya harus membaginya menjadi beberapa seri, ini dikarenakan jumlah photo yang terlampir didalam postingan ini lumayan memberatkan jika dibuka melalui android. Sebelum memulai tutorial ini, baiknya anda membuka komputer serta langsung mempraktekkannya. Saya juga harus mengenalkan bagian-bagian dari Ms Excel tersebut, buat yang awam dan belum pernah mengenal Ms Excel sebelumnya. Seperti gambar terlampir (buat yang sudah mengerti, silahkan lanjut ke bab dibawah ini).

Langung saja kita buka Ms Excel lembar baru pada sheet 1 disana saya akan membuat semacam nota rincian barang yang berisi kolom nomor, kolom deskripsi, kolom quantity, kolom harga satuan dan kolom jumlah harga dan hasil akhir saya akan mencetak nota tersebut diatas kertas kop surat perusahaan yang telah tersedia sebelumnya untuk nota tersebut.





Pada sheet 2 disana saya membuat surat penawaran yang isinya mengacu ke dalam sheet 1. Menggunakan satu surat yang isinya tetap akan tetapi memiliki variabel perubahan nilai sangat tinggi dan kita akan menghubungkan nilai tersebut kedalam surat yang kita buat di excel sebelumnya.

Saya memulai membuat nota rincian dari cell A4 dan A5, di blok serta di merger menjadi satu seperti gambar terlampir. 


Setelah selesai membuat nota tersebut, saya kembali membuat surat penawaran seperti gambar terlampir. Disini saya mengecilkan seluruh kolom pada sheet 2 dan menggunakan besaran kolom bernilai 1, karena akan memudahkan saya mengatur dikemudian hari jika ada perubahan didalam isi surat tersebut.

Cara menghubungkan antara sheet 2 dan sheet 1, disini saya menggunakan tanda sama dengan " = " dan disorotkan ke cell yang akan diambil isinya. Contoh : pada sheet 1 E25 yang berisi "MR Copier Balikpapan" akan saya ambil dan saya hubungkan dengan sheet 2 pada cell AE28. Terlihat pada kolom formula bar akan tertulis seperti ini "=sheet1!E25", lalu tekan enter. Kini Anda telah berhasil menghubungkan antara sheet 2 dan sheet 1 pada Ms Excel. Coba ulang lagi untuk cell AE33 dan AE34 untuk membuat seperti gambar terlampir.

inilah bagian pertama dari belajar membuat surat dengan Ms Excel, ikuti selanjutnya di postingan berikutnya.







Comments

Popular Posts