JILID HARDCOVER DENGAN TINTA EMAS - Bagian 1 Skip to main content

Featured

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL SMA DARI TAHUN 2011 SAMPAI DENGAN 2017

Buat adik-adik yang membutuhkan soal ujian yang saat ini tingkatnya SMA, silahkan langsung di download pada link dibawah ini. Dipersembahkan oleh MR Copier Balikpapan.

JILID HARDCOVER DENGAN TINTA EMAS - Bagian 1

Satu lagi fitur dalam menjilid yang sangat susah untuk dikerjakan, yaitu menggunakan tinta emas sebagai judul di cover depan jilid hardcover. Kendala yang kami dapati adalah, peralatan penunjang yang kami miliki hanya berkapasitas untuk kertas A3, sementara untuk pembuatan kulit depan jilid hardcover menggunakan kertas dengan ukuran A3+, yang mana ada perbedaan lebih kurang 3 cm pada lebar kertas yang akan digunakan sebagai sampul depan jilid hardcover.



Untuk membuat tulisan dengan tinta warna emas, tidak dapat dibuat dengan mesin printer ataupun dengan mesin fotocopy warna manapun juga dan dalam pengerjaanya dilakukan dengan cara manual yaitu menambahkan atau melapisi tinta dasar yang di cetak dengan menggunakan printer laser  dengan foil emas.

Di dunia percetakan, tinta emas banyak menggunakan mesin emboss dalam menghasilkan cetakan berwarna emas. tapi jika dihitung, biaya produksinya amatlah besar jika hanya mencetak 1 buah saja. Dan jika menggunakan teknik sablon, tingkat kesulitan yang dihadapi juga sangat besar, yaitu harus membuat master sablon untuk setiap lembar yang akan di cetak emas. Sebab judul atau nama pada sampul depan setiap buku berbeda-beda.

MR Copier masih mecari cara untuk membuat jilid hardcover dengan menggunakan tinta emas dengan harga yang terjangkau, memang tidak mudah untuk mensiasatinya, pada dasarnya kami sudah bisa membuatnya, tetapi dikarenakan masih dengan tehnik menyambung kertas, untuk sementara ini kami menolak membuat jilid hard cover dengan tinta emas dan kami akan berusaha menemukan cara ataupun tehnik yang lebih baik dalam mengerjakan jilid hardcover dengan tinta emas tersebut.

Popular Posts