JILID CAMPURAN (JILID LEM PANAS DAN JILID SAMBUNG) Skip to main content

Featured

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL SMA DARI TAHUN 2011 SAMPAI DENGAN 2017

Buat adik-adik yang membutuhkan soal ujian yang saat ini tingkatnya SMA, silahkan langsung di download pada link dibawah ini. Dipersembahkan oleh MR Copier Balikpapan.

JILID CAMPURAN (JILID LEM PANAS DAN JILID SAMBUNG)

Kali ini saya akan mencoba memberikan satu tips kombinasi antara jilid lem panas dengan jilid sambung. Tebal jilidan yang menjadi target adalah 10-12 cm tanpa menggunakan staples sebagai penyatu kertas yang akan dijilid, dan finishing akhir adalah jilid sambung sebagai penutup bagian luarnya.


Persiapan

Bahan dan peralatan yang digunakan untuk jilid type ini cukup sedikit, yaitu :
Mesin Jilid Lem Panas
Mesin Jilid Lem Panas - MR Copier Balikpapan
  • Mesin Jilid lem panas
  • Printer & Komputer
  • Cutter
  • Penggaris
  • Gunting
  • Lem panas lembaran
  • Karton Buffalo
  • Double Tape



    Pelaksanaan

    Kumpulan kertas yang akan di jilid, di rapikan, bagian lembaran yang masih ada staplesnya agar di lepas terlebih dahulu. Kertas lalu di "trek" terlebih dahulu. Sehingga benar-benar rata di bagian sisi atas, bawah, sisi kanan maupun kirinya. Gunakan bidang datar seperti lantai keramik/semen untuk mertakan kumpulan kertas tersebut.





    Setelah itu, persiapkan lem panas lembaran dan karton buffalo untuk menyatukan lembaran kertas yang akan dijilid tersebut dengan mesin jilid lem panas. Sebelumnya biarkan mesin jilid lem panas menyala untuk beberapa saat, sambil mempersiapkan bahan yang lain.

    Posisi lem panas lembaran
    Gambar 1
    Letakkan lembar lem panas dan karton buffalo diatas bidang panas mesin jilid tersebut. Biarkan hingga sedikit mencair, dan pada kumpulan kertas yang akan di jilid, saya mengikatanya dahulu dengan karet gelang agar kumpulan kertas tersebut dapat tegak berdiri.



    ikat sementara
    Gambar 2
    Letakkan kumpulan kertas yang telah diikat dengan karet gelang tersebut di atas karton buffalo dan lem panas lembaran yang telah sedikit mencair, diamkan beberapa saat hingga lem yang telah mencair tersebut meresap kedalam kumpulan kertas yang akan dijilid. Sambil menunggu, mulailah untuk membuat cover yang akan digunakan.


    Double tape + Cover
    Gambar 3
    Setelah selesai, angkat dan diamkan pada bidang rata. Agar setelah kering nanti, bagian yang di lem, akan menjadi rata dan mengeras setelah lemnya dingin. Posisikan bagian yang di beri lem adalah bagian yang ditekan atau bagian yang bertemu langsung dengan lantai keramik / semen.





    Buatlah cover yang akan di gunakan dengan menggunakan printer dan komputer anda, Berinovasilah sebisa mungkin untuk membuat cover tersebut. Gunakan karton cover yang sesuai dengan yang akan di jilid. Berikan double tape pada sisi cover yang akan di rekatkan pada buku.
    Jilid lem panas + Jilid sambung
    Hasil Jilid Campuran 1

    Jilid Lem Panas + Jilid Sambung
    Hasil Jilid Campuran 2
    Inilah penampakan hasil dari pekerjaan tersebut. Semoga bermanfaat buat anda dan dan dapat dipraktekkan dengan baik. Terima kasih telah mampir ke blog ini, dan berikan komentar anda pada kolom yang telah tersedia pada postingan ini. Senantiasa akan kami berikan jawaban untuk anda.



    Wassalam
    PS: Kolom Komentarnya berfungsi dengan baik, dan telah saya test dan di ujicoba. hehehehehe



    Comments

    Popular Posts