BELAJAR MEMBUAT SURAT PENAWARAN DENGAN MS EXCEL (3) Skip to main content

Featured

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL SMA DARI TAHUN 2011 SAMPAI DENGAN 2017

Buat adik-adik yang membutuhkan soal ujian yang saat ini tingkatnya SMA, silahkan langsung di download pada link dibawah ini. Dipersembahkan oleh MR Copier Balikpapan.

BELAJAR MEMBUAT SURAT PENAWARAN DENGAN MS EXCEL (3)

Dalam keseharian bila kita ingin membuat surat, selalu menggunakan Ms Word, kali ini saya memberikan sedikit pengetahuan untuk membuat surat penawaran dengan menggunakan Ms Excel ditambah dengan sedikit rumus didalamnya, yang memungkinkan anda dapat menyesuaikan nilai harga sesuai nota tanpa harus merubahnya di dalam surat yang anda ketik di Ms Excel. Sesi ini membahas tentang fungsi perintah =mid(text;start_num;num_chars).

Untuk sesi ketiga kita membahas cara membuat nota seperti sesi kedua, saya akan merangkumnya dalam bentuk gambar saja agar mudah untuk diikuti. Disini saya menggunakan sheet 4 agar tidak membingungkan dalam menjelaskannya. 


Dalam sesi ketiga ini kita akan menggunakan fungsi =mid (text ; start_num ; num_chars) serta menggabungkannya dengan &Array&, sehingga kita akan mendapatkan sekumpulan angka akan tetapi oleh Ms Excel akan dibaca sebagai text dengan tampilan angka seperti format cells >> number. Cara ini tidak sengaja saya temukan setelah sekian lama mengutak atik semua fungsi didalam Ms Excel ini.

Pertama-tama ketik =mid( pada cell R18 di sheet 1. Secara otomatis, Ms Excel akan meminta masukan text untuk perintah selanjutnya, arahkan crusor ke cell H18, lalu ketik seperti ini =mid(H18;1;2) dan tekan enter maka anda akan mendapatkan angka 11 sebagai gantinya.

Kita review ulang, jika tidak mendapatkan hasil angka 11, maka fungsi perintah pada cell tersebut yang anda masukkan salah. pada fungsi ini, Nilai text diganti menjadi cell H18, yang artinya menunjukan alamat cell yang akan kita tampilkan. angka 1 mewakili digit dari angka yang ada di dalam cell H18 (dalam contoh ini diwakilkan oleh angka 11242000 ada 8 digit), dan angka 2 mewakili jumlah yang akan kita tampilkan pada cell R18 dimana kita menempatkan fungsi tersebut.

Lanjut ke cell berikutnya, R19
ketik &","& disana, dan tekan enter
Pada cell R20, masukan kembali perintah =mid(text;start_num;num-chars)
Kali ini text tetap diwakili cell H18 lalu start_num diwakili angka 3 dan num_chars diwakili angka 3 juga. Hasil yang diharapkan adalah 242. jika anda tidak mendapatkan angka 242, itu artinya anda harus mengulang kembali ke atas. 

Pada cell R21, ketik kembali &"."&, dan pada cell R22 kembali kita masukkan fungsi tersebut, hasil yang diharapkan akan keluar adalah 000. Dan pada cell yang terakhir yaitu R23 ketik &",00"&.

Sekarang kita test secara menyeluruh dari semua fungsi perintah tersebut. Ganti angka pada H18 menjadi 98765432, lihat lah angka yang akan tampil akan berubah menjadi seperti pada gambar terlampir. Jika tidak sesuai, maka ada yang salah dalam memasukkan fungsi perintah. silahkan anda kembali membaca dari awal bab ini. hahahahahahahaa.

Jika sudah sesuai, kita akan gabungkan semua perintah ini menjadi satu kesatuan, sehingga untuk selanjutnya anda dapat menggunakan fungsi ini untuk hal yang berbeda. Dan jika belum sesuai, bacalah kembali secara perlahan postingan ini. Seperti sebelumnya, ini akan kita bahas dalam postingan selanjutnya. Saya tunggu disana.





Comments

Popular Posts