CARA JILID HARDCOVER BAGIAN 1 Skip to main content

Featured

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL SMA DARI TAHUN 2011 SAMPAI DENGAN 2017

Buat adik-adik yang membutuhkan soal ujian yang saat ini tingkatnya SMA, silahkan langsung di download pada link dibawah ini. Dipersembahkan oleh MR Copier Balikpapan.

CARA JILID HARDCOVER BAGIAN 1


Saya bukan seorang yang ahli dan bukan pula seorang yang pandai dalam menjilid, yang jelas saya bisa sedikit ilmu ini. Sebuah ilmu, jika hanya dimiliki dan disimpan sendiri, tidak akan menjadi berkah. Akan tetapi jika ilmu itu disebar luaskan maka ilmu itu akan menjadi berkah, baik yang menggunakan ataupun yang memberikan.
Buat yang ingin belajar, saya gak buka kursus. Akan tetapi saya akan memberikan gratis untuk anda. Jika anda berminat, untuk mengeluti usaha ini, Inilah bahan dan caranya yang akan saya jabarkan dalam tulisan ini.

Bahan dan peralatan :
  1. Karton Tebal tebal 2 mm
  2. Karton Manila (putih + warna)
  3. Plastik Laminasi tipis
  4. Pita
  5. Siku Buku
  6. Headband (pita punggung buku)
  7. Lem
  8. Mesin Laminating
  9. Printer A3+
  10. Cutter
  11. Kaca Ukuran 50 x 60 cm
  12. Penggaris besi
Cara Kerja :
  • Potonglah karton tebal sesuai ukuran kertas yang akan di jilid. Dalam cara jilid hardcover ini saya menggunakan ukuran A4, sebanyak 2 buah. dengan ukuran 21 x 29,7 cm. Dalam blog ini saya pernah membahas cara memotong karton tebal dan saya tidak akan membahasnya dalam tulisan ini.
  • Potonglah karton manila sesuai lebar dan panjang yang akan di gunakan. Akan tetapi jangan lebih lebar dari kapasitas printer A3+ yang anda miliki. sebagai contoh, lebar Printer EPSON A3+ adalah 33 cm. 
  • Untuk menghitung minimum kebutuhan panjang karton manila, adalah (lebar buku yang akan di jilid x 2)+(tebal buku yang akan di jilid + 2xBidang lem) + (Tebal karton tebal x 2) Lihat ilustrasi Gambar 1. Sebagai contoh, Jika tebal yang akan dijilid adalah 3 cm (30 ml) dan bidang lem adalah 1,5 cm (15 ml) tiap sisi, maka akan didapatkan panjang karton manila  [210 x 2] + [30 + (2 x 15)]+[2 x 2] = 420 + 60 + 4 = 484 ml atau  48,4 cm.
  • Untuk menghitung Lebar minimum kebutuhan karton manila, di gunakan rumus (Panjang jilid + ( 2 x Bidang lem)) atau [297 + (2 x 15)] = [297 + 30 ] = 327 ml = 32,7 cm.
  • Laminating Karton manila yang telah diberi judul, agar tampilannya dapat lebih memikat. Anda dapat menggunakan type glossy untuk mendapatkan efek bercahaya atau type doff untuk mendapatkan efek elegant.
  • Potong karton tebal dengan ukuran panjang jilidan serta lebarnya adalah tebal jilidan ditambah dengan ketebalan karton tebal seperti diatas yang saya sebutkan (bahan dan peralatan)
  • Untuk jilidan, Satukan dengan lem/staples atau cara apapun. sehingga mudah untuk dibuka dan kuat. Jika bagian pinggir buku yang akan dijilid ingin di rapikan, potonglah terlebih dahulu.


Demikianlah sebagian cara jilid hardcover bagian pertama ini. Dan akan saya lanjutkan kedalam tulisan saya yang berikutnya. Untuk selanjutnya saya akan membahas cara menjilid hardcover bagian ke dua khusus untuk menyatukan kertas yang akan di jilid.

Wassalam

Popular Posts