TAHAPAN DALAM JILID HARDCOVER (PELAPIS BAGIAN LUAR JILID HARDCOVER) Skip to main content

Featured

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL SMA DARI TAHUN 2011 SAMPAI DENGAN 2017

Buat adik-adik yang membutuhkan soal ujian yang saat ini tingkatnya SMA, silahkan langsung di download pada link dibawah ini. Dipersembahkan oleh MR Copier Balikpapan.

TAHAPAN DALAM JILID HARDCOVER (PELAPIS BAGIAN LUAR JILID HARDCOVER)

Melanjutkan postingan kemarin meski sempat terhalang karena kesibukan dengan banyaknya jilid hardcover yang masuk. Paling tidak saya sudah menyelesaikan bagian terpenting dari pekerjaan, yaitu jilid bagian dalam hardcover sebanyak 13 buah yang telah siap untuk di bungkus dengan pelapis bagian luar jilid hardcover. postingan inipun saya kerjakan dengan terburu-buru, maklum deadline untuk pengambilan jilidan. 




Pelapis Bagian Luar Jilid Hardcover

Pada sesi ini persiapkan komputer dan printer untuk membuat kulit luar sampul depan, tapi sebelumnya saya ingin melanjutkan postingan kemarin.

Pengukuran dan Membuat Punggung Buku

caliper
caliper
Di postingan kemarin saya benar-benar lupa untuk mencantumkan sebuah alat yaitu kaliper, saya menggunakan alat tersebut untuk mendapatkan nilai pasti dari ketebalan sebuah jilidan. Buat sebagian orang sering menyebutnya dengan sekmat. Dengan mendapatkan ketebalan tersebut saya membuat punggung buku dengan lebar sesuai dengan buku yang akan dijilid dan yang mana punggung tersebut akan di rekatkan di saat pembuatan sampul luar jilid hardcover.

Membuat Kulit Luar Sampul Depan

Mungkin untuk sesi ini saya gak usah terlalu detail dalam menjabarkannya, buat sebagian yang mengerti komputer mungkin sudah bisa membuat kulit luar sampul depannya. Jadi langsung di print saja.

Laminating

Laminating yang saya gunakan adalah laminating biasa untuk melapisi dokumen dengan plastik laminasi, hanya saja kali ini saya menggunakan bahannya bukan plastik biasa. Saya gunakan plastik dengan ketebalan 1 micron untuk melapisi kulit luar sampul depan ini. Buat sebagian orang, untuk melapisi ini sangat sukar, dan itu memang benar, saya pun mendapatkan masalah yang sama. Terkadang saya harus mencetak kulit luar sampul depan sebanyak beberapa buah untuk mendapatkan satu lembar sampul yang sempurna, tapi itu dulu.... sekarang gak lagi.



Membuat Sampul Luar Jilid Hardcover

Alat jilid buatan sendiri
alat jilid buatan sendiri
Pada sesi ini saya membuat alat sederhanya terbuat dari multiplex dan alumunium plus 2 buah engsel pintu ukuran 5 cm, saya bentuk hingga sedemikian rupa dan penampakannya dapat dilihat pada photo yang saya lampirkan. Setelah tersusun dilanjutkan dengan pengeleman pada sisi kanan dan kiri serta atas dan bawah hingga membentuk seperti photo terlampir. (baca : JILID HARDCOVER 2018) Di dalam postingan itu ada beberapa photo yang menunjukan cara saya menggunakan alat tersebut untuk membuat sampul luar jilid hardcover.

Menyatukan Sampul Depan dan Jilid Bagian Dalam

efek cekungan pada jilid hardcover
efek cekungan pada jilid hardcover
Setelah semuanya siap, satukan dengan menggunakan lem. Buat teman-teman yang sudah biasa menjilid hardcover, mungkin ada yang menggunakan lem kuning untuk mempercepat proses tanpa harus menunggu lama, tapi untuk itu saya menggunakan lem putih untuk menyatukan kedua bagian tersebut. Dimulai dari bagian punggung lalu dilanjutkan ke bagian belakang sampul dan terakhir bagian depan sampulnya.
Khusus untuk cekungan pada jilidan, seperti gambar terlampir, ini hanyalah satu trik yang saya ciptakan sendiri. bermodalkan alat sederhana maka jadilah seperti ini.

Sentuhan Akhir

Pada sentuhan akhir saya memberikan sudut buku untuk mempercantik tampilan hardcover, Ada beberapa type sudut buku yang dijual dipasaran, saya memilih untuk menggunakan type polos untuk sudut buku.


Nah demikian semua tahapan telah saya jabarkan berikut dengan photo sebagai bantuan untuk memahami tulisan ini. Buat teman-teman yang profesinya sebagai penjilid, berikanlah yang terbaik untuk pelanggan anda, karena sebagian besar pengguna jilid hardcover adalah mahasiswa, berikan mereka rasa bangga untuk membawa hasil karya mereka yang telah anda jilid dengan sempurna.

Jika ada pertanyaan seputar pembuatan jilid hardcover ini yang dirasa masih belum jelas (memang saya buat dengan sedikit di edit) silahkan komentar dibawah postingan ini. 

Wassalam

Comments

Popular Posts