MENSIASATI KAPASITAS MESIN POTONG Skip to main content

Featured

SOAL-SOAL UJIAN NASIONAL SMA DARI TAHUN 2011 SAMPAI DENGAN 2017

Buat adik-adik yang membutuhkan soal ujian yang saat ini tingkatnya SMA, silahkan langsung di download pada link dibawah ini. Dipersembahkan oleh MR Copier Balikpapan.

MENSIASATI KAPASITAS MESIN POTONG

Sebuah mesin, diciptakan untuk membantu manusia mengerjakan sesuatu, akan tetapi barang ciptaan tersebut memiliki batasan yang terkadang membuat kita susah untuk bekerja maksimal. Akan tetapi kapasitas sebuah mesin terkadang dapat di siasati bila kita mengerti mesin tersebut.


Mesin pemotong kertas 868 - A3 yang di jual baik secara langsung ataupun secara online, oleh penjual selalu dikatakan dapat memotong hingga ketebalan 1 rim, atau jika di andaikan 100 lembar kertas dengan gramasi 70 gram adalah 1 cm, maka 1 rim kertas gramasi 70 gram setebal 5 centimeter. 



Dalam kenyataannya ketebalan yang tersedia dalam mesin 868 - A3 tersebut hanyalah 4 centimeter saja. Inilah salah satu trik penjual untuk memasarkan dagangannya. Jika kita membeli mereka selalu menyebut dan melebihkan dari data yang ada. 

Bagian pemotong dalam mesin potong tersebut terdapat 2 buah tuas yang mana fungsi dari masing-masing adalah untuk memotong dan untuk menekan/menahan bagian kertas yang akan di potong. Kedua bagian tersebut memiliki kapasitas yang berbeda. pada bagian penekan/penahan kertas memiliki kapasitas hanya 3,5 cm sementara bagian pemotong jika diangkat secara maksimal akan didapatkan tinggi maksimal 4 cm. Perbedaan 0,5 cm memang hanya sedikit, akan tetapi memiliki arti yang berbeda.

Dan untuk mensiasatinya, kita mulai dari bagian penahan kertas, disana terdapat plat yang berbentuk seperti huruf U. Anda dapat melepasnya dengan mencopot 2 buah paku keling yang melekat pada plat tersebut. Gunakan palu dan obeng (-) untuk melepaskan paku tersebut. Dan anda akan mendapatkan tinggi penahan akan bertambah 1 cm. Karena bagian tersebut menggunakan besi berbentuk persegi panjang dengan ketebalan 1 x 1,2 cm, sementara plat U penahan kertas tersebut memiliki tinggi total 2,5 cm.



Pada bagian pemotong, terdapat 8 buah baut berukuran 17mm. Buka dan tambahkan washer atau plat tambahan setebal 0,5 cm pada bagian bawahnya. Maka akan di dapat ketinggian bagian pisau pemotang bertambah 0,5 cm. sebagai catatan, tuas pemotong selalu bila di angkat maksimal akan tertahan oleh bagian ini, jika diberi tambahan plat dengan ketebalan 0,5 cm maka bagian penahan tuas akan bertambah tinggi 0,5 cm pula.


Nah, demikian cara mensiasati kapasitas mesin pemotong kertas tersebut, silahkan mencoba.

Wassalam



Popular Posts